Film-film bertema IT

 Selamat pagi calon-calon programmer muda.
Semoga tetap semangat dengan script-script yang masih memenuhi kepala hehe
Nah kali ini gue akan memberikan semangat bagi agan-agan yang bakal jadi programmer muda Indonesia di masa depan.

Gue adalah orang yang sangat labil, sangat sangat labil bahkan, kelabilan jati diri gue biasanya datang dari film yang gue tonton, sebagai contoh  : ketika gue nonton film Captain Tsubatsa gue tiba-tiba pengen jadi pemain bola, tapi keinginan itu pupus ketika pas main bola gue jatuh kepleset sampai hampir hilang ingatan. Ketika nonton anime ‘Beyblade’, tiba-tiba gue pengen jadi pemain gasing yang hebat, akhirnya gue langsung nabung untuk beli Beyblade (gasing), tapi gue kecewa ketika gue main ternyata gak keluar naga dari Beyblade gue, gue berhenti!, terakhir ketika gue nonton film “Merantau” yang bertema beladiri silat, tiba-tiba gue pengen ikut silat, akhirnya gue putuskan untuk ikut perguruan silat sama teman gue, baru latihan pertama gue sudah mengundurkan diri, gue ngos-ngos-an disuruh lari kesana kemari, akhirnya gue berhenti dari silat dan menyadari bahwa silat bukan jiwa gue.

Nah berhubung gue sekarang kuliah di dunia yang berhubungan dengan teknologi, ada baikya gue nonton film-film yang bertemakan teknologi computer supaya semangat gue bisa bangkit, maksud gue supaya gue lebih terobsesi jadi programmer handal.
Nah ini ada beberapa film yang recommended bagi agan-agan yang suka dengan dunia IT.

1. Swordfish
 
 Seorang hacker bernama Stanley Jobson (Hugh Jackman) memiliki kehidupan yang berantakan. Dia sudah berkali-kali masuk penjara karena melakukan kejahatan cyber. Dan karena masalah-masalah yang selalu dia dapatkan, akhirnya dia pun bercerai dengan istrinya. setelah perceraian itu istrinya menikah lagi dengan sutradara film porno, dan itu mengharuskan dia berpisah dengan anak perempuannya, dan dia harus tinggal di trailer yang kumuh dan kotor.
Pada suatu hari, secara tiba-tiba dia kedatangan seorang perempuan bernama Ginger (Halle Berry). perempuan itu menawarkan uang dan kesempatan untuk bertemu lagi dengan anaknya, namun dia harus membantu seseorag, dan dia pun menyetujui tawaran tersebut. Rupanya Syanley harus membantu seorang pria bernama Gabriel Shear (John Trafolta). Dan belkangan diketahui bahwa dia adalah mantan agen Mossad, Israel. Gabriel berniat untuk mengambil uang pemerintah yang menurutnya ilegal, dan tersimpan di sebuah bank selama 15 tahun. Gabriel meminta Stanley untuk membobol sistem keamanan komputerisasi bank tersebut. Singkat cerita, Stanley berhasil membobol sistem keamanan bank terseebut, setlah semua itu terjadi, Stanley menyadari bahwa dia hanya dijebak, mantan istrinya dan suaminya dibunuh, sehingga dia tidak bisa berbuat apa-apa. Semua uang yang ingin dimiliki gabriel harus diambil di bank, sehingga Gabriel menyandera seluruh karyawan bank tersebut dan memasangkan bomb di tubuh mereka. Namun ada dua orang polisi anti teror yang memaksa untuk membebaskan seorang tawanan, namun bomb di tubuh karyawan itu meledak dan dua orang polisi itu tewas.
         Dialhir cerita, Gabriel mencoba kabur dengan menggunakan helikopter, namun heli itu berhasil diledakkan oleh Stanley dengan menembakkan sebuah RPG, dan pelarian Gabriel pun gagal.  Film ini sebuah Akhir cerita yang tidak terduga. Gabriel yang dikira sudah tewas karena ledakan, ternyata masih hidup dan memerintahkan ginger untuk mengambil semua uang di sebuah bank dengan pasword SWORDFISH.
Menurut saya, film Swordfish adalah film yang menarik untuk ditonton. selain menampilkan kepiawaian seseorang di bidang IT, film ini juga menyajikan aksi-aksi yang menakjubkan dan juga keren. Salah satu adegan yang menunjukkan kepiawaian sang pemeran utama di bidan IT adalah ketika dia menggunakan sebuah program untuk membobol keamanan sebuah bank. Dan salah satu adegan yang sangat seru adalah ketika kejar-kejaran antara polisi dan pemeran antagonisnya. dan film ini juga memiliki ending atau akhir cerita yang mengejutkan dan berbeda dengan film-film lain.


 
2. AntiTrust


Film ini adalah kisah fiksi komputer tentang programer bernama Milo Hoffman, seorang programmer genius yang baru saja lulus dari Stanford, diajak oleh Gary Winston (memerankan tokoh Bill Gates) seorang CEO perusahaan NURV untuk menyelesaikan sebuah proyek besar bernama Synapse. Mereka membutuhkan Milo untuk bisa mencapai target peluncuran Synapse, diyakinkan oleh Alice, sang pacar, akhirnya Milo menerima tawaran tersebut. Dia tidak sadar bahwa semua itu sudah direncanakan oleh Gary sejak awal, yang tega melakukan apa saja demi Synapse.

3.  Firewall

Film ini mengisahkan tentang pembobolan rekening bank melalui hacker dimana seorang ayah yang diperankan oleh Harrison Ford yang bekerja di sebuah bank disandera oleh sekelompok perampok mereka memaksa si ayah tersebut untuk memindahkan uang uang di rekening nasabah ke dalam rekening mereka, menonton film ini kita akan menyaksikan kehebatan Harrison Ford dalam menggunakan sistem Hacker. Film yang sangat bagus menurut saya.




4. Hacker

Seorang bocah ditahan oleh Agen Rahasia Amerika Serikat karena membuat sebuah virus komputer yang diinfeksikannya ke Wall Street, bursa saham terbesar di dunia, kemudian ia dilarang menyentuh komputer sampai berusia 18 tahun. Setelah saatnya tiba, dia dan beberapa teman barunya berhasil mengendus rencana tersembunyi seorang genius komputer untuk menyebarkan virus komputer yang sangat berbahaya, disaat bersamaan mereka juga menjadi buronan Agen Rahasia Amerika.

5. The Net


Angela Bennett adalah seorang ahli komputer, analis muda dan cantik tidak pernah jauh dari komputer dan modem. Satu-satunya kegiatan dia di luar komputer yaitu mengunjungi ibunya. Seorang teman, yang hanya bisa bicara lewati internet dan telepon, Dale Hessman, mengirimnya sebuah program dengan kesalahan aneh untuk di debug. Malam itu, Angela menemukan Dave tewas dalam kecelakaan pesawat. Angela menemukan informasi rahasia pada disk yang ia dapatkan hanya beberapa jam sebelum dia pergi untuk liburan. Hidupnya kemudian berubah menjadi mimpi buruk, catatan hidupnya dihapus dan dia diberi identitas baru, dengan catatan kriminal. Dia berjuang untuk mencari tahu mengapa ini terjadi dan siapa dalang semua ini.

Nah itu lah beberapa film yang bertemakan IT, beberapa dari film itu banyak mengisahkan kejahatn-kejahatan cyber yang dilakukan oleh seorang programmer dan hacker, tapi bukan berarti gue nyaranin teman-teman jadi hacker kriminal yang merugikan, tapi gue pengen menyampaikan semangat untuk menjadi seorang programmer handal, ya walaupun kehidupan seorang programmer gak se'heroic' kaya di film itu, tapi paling tidak kita bisa tertular semangat yang disampaikan oleh film itu.

Well, sebanyak apapun code dan scrypt yang makin hari makin bikin sakit kepala, tapi jangan sampai code-code yang semakin banyak itu menggerus semangat kita untuk menjadi programmer muda, fighting!



0 komentar:

Posting Komentar